Tips Tidur Sehat

Tips Tidur Sehat

Tips Tidur Sehat – Tidur merupakan suatu kegiatan, di mana seluruh tubuh kita beristirahat atau dalam kondisi diam total dan mata tertutup. Kegiatan ini sangat penting untuk mengembalikan energy dan menyegarkan anggota tubuh setelah beraktivitas. Tapi, jika kita tidur dengan cara yang tidak benar dan waktu yang tidak tepat maka, hal itu akan memberikan dampak yang negative bagi kesehatan kita. Saat ini, banyak orang yang kurang memikirkan pola tidur mereka. Misalnya, banyak orang yang rela mengambil waktu tidurnya untuk menyelesaikan pekerjaannya. Adapula, orang yang hanya mengambil waktu tidurnya untuk menonton televisi, bermain video game, dan kegiatan yang kurang penting lainya.

Untuk itu, mulai dari sekarang kita harus mementingkan pola tidur kita agar kesehatan kita tetap baik. Memang ada pepatah “lebih baik mencegah dari pada mengobati”, jadi kita sebaiknya mencegah penyakit yang timbul dari kegiatan begadang. Maka dari itu, dibawah ini beberapa TipsTidur Sehat agar dapat mengoptimalkan kesehatan tubuh kita, yaitu.. 

1. Matikan lampu kamar anda 
Tips yang pertama yaitu, saat kita hendak akan tidur maka sebaiknya matikan lampu kamar anda. Hal ini bertujuan agar tubuh dapat memproduksi hormon melatonin dengan baik. Hormon melatonin berfungsi untuk melawan berbagai penyakit seperti kanker prostat dan kanker payudara. Selain itu hormon melatonin merupakan hormon yang menjadi system kekebalan tubuh kita. Jadi, jika kita tidur pada ruang yang terang, maka hormon ini tidak akan terproduksi sama sekali. Dampaknya, kita system kekebalan tubuh kita akan melemah dan akan mudah terserang bebrapa penyakit. Tentu kalian tidak ingin mudah terserang penyakit begitu saja. Jadi, sebaiknya anda tidur dengan ruangan gelap. Selain itu juga mematikan lampu dapat menghemat daya listrik. 

2. Jangan Menyimpan Alat Elektronik Di Dekat Kasur atau  Badan Saat Tidur 
Tips berikutnya yaitu, saat kita akan tidur jangan bawa alat elektronik seperti handphone ke kasur kita. Kita biasanya memainkan handphone pada saat akan tidur, biasanya melakukan komunikasi antar teman, internetan, bermain video game, dan lainya. Tanpa kita sadari saat kita tertidur handphone akan berada dekat kita. Sehingga tubuh kita akan mudah terkena gelombang radiasi yang dipancarkan handphone. Selain itu juga memungkinkan handphone kita akan hidup saat menerima pesan atau panggilan dari orang lain. Sehingga, handphone akan menimbulkan cahaya dan suara.  Hal itu akan mengganggu otak kita, yang seharusnya otak kita beristirahat menjadi tetap bekerja saat ada suara yang terdengar oleh telinga kita walau tanpa kita sadari. Selain itu, jika kita tidur berdekatan dengan benda elektronik kepala kita akan terasa pusing saat bangun tidur. Jadi jika kita tidur sebaiknya kita jauhkan benda – benda elektronik yang dapat memancarkan radiasi. 

3. Gunakan Kamar Dengan Fungsinya 
Tips berikutnya adalah, gunakan kamar sesuai fungsinya. Maksudnya, gunakan kamar hanya untuk tidur saja. Jangan gunakan kamar sebagai tempat serbaguna. Seperti digunakan untuk menonton televisi, untuk mengerjakan pekerjaan, dan yang lainnya. Hal itu akan membuat kita akan sulit tidur dan suasana menjadi gelisah karena teringat akan pekerjaan – pekerjaan yang belum diselesaikan. Dan tentu saja akan ada alat elektronik yang disimpan dimana saja jika kamar digunakan sebagai ruang serbaguna. Hal itu akan mengganggu tidur anda, seperti tips yang sebelumnya, hindari tidur berdekatan dengan benda elektronik. 

4. Atur Posisi Tidur 
Tips yang terakhir yaitu, aturlah posisi tidur anda senyaman mungkin. Kebanyakan orang tidur dengan posisi tengkurap atau menyamping. Pada saat kita tidur dengan posisi tengkurap, maka kita akan merasakan nyeri atau pegal pada bagian leher, serta otot punggung. Kemudian saat kita tidur dengan posisi menyamping, memang bagus untuk mengoptimalkan kecerdasan otak, disisi lain kulit wajah kita akan mengalami keriput karena sebagian wajah tertarik dan tertekan oleh bantal. Jadi, sangat di rekomendasikan tidur dengan posisi terlentang. Namun, paling utama yaitu atur lah posisi tidur anda senyaman mungkin. Selama anda berada di posisi yang nyaman saat tidur, maka anda tidak akan mendapatkan dampak yang buruk bagi kesehatan anda.

Mungkin sekian ulasan mengenai Tips Tidur Sehat, walaupun hanya sedikit penjelasanya mungkin bermanfaat bagi kesehatan kita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kita. Mohon maaf bila ada kesalahan pada penulisan kata dan kata yang kurang berkenan. Tetap jaga kesehatan kita dan lebih utamakanlah waktu tidur anda. Salam KerakBlog !!!.