Tips Aman Berpergian dengan Kendaraan Umum

Tips Aman Berpergian dengan Kendaraan Umum
Tips Aman Berpergian dengan Kendaraan Umum

Semua traveller pemula tentu merasa ingin pergi sendirian dengan kendaraan umum dan merasakan yang namanya backpacker-an beneran. Tetapi, tingginya angka kriminalitas yang terjadi di kendaraan umum membuat perasaan ragu pun timbul. Namun sebenarnya, saat ini keamanan di tempat umum sudah cukup terjamin, terutama jika kamu mengamalkan tips berikut:
  1. Siapkan Perbekalan
    Perbekalan dalam bepergian tidak cukup hanya makan dan minum, meskipun kedua itu juga termasuk barang-barang penting. Nah, selain perbekalan untuk urusan perut, kamu juga perlu menyiapkan perbekalan lain, yaitu maps dan nomer handphone penjemput, seandainya ada. Kalau pun kamu benar-benar murni backpackeran, harus tetap punya arah tujuan kemana kamu akan pergi dan bermalam. Sehingga kamu tidak tersesat dan ditipu di tempat baru.
  2. Pasang Tampang Seperti Orang Asli Sana
    Jangan pernah memerlihatkan kebingunganmu di tempat baru, terutama di tempat umum seperti terminal dan stasiun. Hal itu malah membuat kamu menjadi sasaran empuk para calo dan orang-orang lain yang memiliki niatan buruk. Pasanglah wajah PD dan berjalan dengan yakin. Jika kamu bingung, baca saja papan petunjuk yang pasti banyak tertera di sana. Kalau masih bingung, boleh tanya sama tukang parkir atau pedagang di sekitar sana.
  3. Jaga Sendiri Barang Bawaanmu
    Jangan pernah percayakan barang bawaanmu dengan stranger, sebaik apa pun tampangnya. Dan usahakan untuk tidak sering-sering mengeluarkan barang berharga seperti dompet dan handphone. Letakkan kedua barang tersebut di tengah-tengah tas sehingga tidak mudah dicapai oleh orang asing. Kemudian, siapkan uang kecil di saku baju agar tidak terlalu sering mengeluarkan dompet.
  4. Jangan Lupa Berdoa dan Minta Restu Orang Tua
    Nah, sekeren apa pun perencanaanmu, tidak akan berarti apa-apa jika tidak diiringi dengan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Dan yang tak kalah penting adalah memohon izin dari kedua orang tua agar beliau tidak mencemaskanmu.
Itulah beberapa tips yang perlu kamu terapkan agar tetap safe and sound ketika pergi sendirian ke tempat baru. Selamat ber-travelling ria.